You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Menpora Apresiasi Jakarta Kirim Banyak Atlet di Popnas XVI
....
photo doc - Beritajakarta.id

Menpora Apresiasi Jakarta Kirim Banyak Atlet di Popnas XVI

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo mengapresiasi Provinsi DKI Jakarta yang mengirimkan banyak atlet pelajar ke ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI Tahun 2023.

Popnas ini sangat penting

Dito mengatakan, Popnas merupakan tonggak besar sekaligus batu loncatan bagi para atlet junior atau pelajar untuk bertanding di ajang multi event yang lebih besar lagi.

"Saya mengapresiasi tiga provinsi dengan atlet Popnas terbanyak. Sumatera Selatan sebagai tuan rumah dengan 371 atlet, Jawa Barat 368, dan DKI Jakarta sebanyak 349 atlet," ujarnya, saat Opening Ceremony Popnas XVI di Palembang Sport and Convention Center, Sumatera Selatan, Minggu (27/8) malam.

DKI Jakarta Optimistis Raih Juara Umum di Ajang Popnas XVI Palembang

Dito menjelaskan, Popnas merupakan ajang kompetisi yang menjadi bagian dari pembinaan atlet secara berkelanjutan. Selain untuk mengasah talenta dan skill, Popnas juga berguna untuk meningkatkan mental bertanding atlet. Termasuk, untuk nantinya saat berlaga di level internasional.

"Popnas ini sangat penting untuk membangun semangat prestasi atlet-atlet di Indonesia," terangnya.

Menurutnya, di ajang Popnas mendatang diharapkan juga bisa dilakukan penambahan cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

"Nanti kita akan lihat lagi perkembangannya. Kalau untuk Popnas tahun ini sudah ada penambahan cabor Sepeda," ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi peran Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru berserta jajaran serta para stakeholder dalam penyelengaraan Popnas XVI.

"Terima kasih dan apresiasi saya kepada Pak Gubernur. Sumatera Selatan terus maju meski menjadi tuan rumah tunggal," bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Andri Yansyah menuturkan, banyaknya jumlah atlet asal DKI Jakarta ini juga menandakan sebanyak 22 cabor dipertandingkan semuanya diikuti atlet-atlet DKI Jakarta.

"Kalau seluruh cabor diikuti atlet DKI, itu artinya dalam Pra-Popnas XVI seluruh atlet DKI lolos seleksi," ucapnya.

Ia menambahkan, dalam sistem Undang Undang Keolahragaan terdapat tiga variabel yakni, olahraga prestasi, olahraga rekreasi, dan olahraga pendidikan.

"Ketiga variabel ini harus berjalan beriringan. Olahraga rekreasi dan pendidikan mau tidak mau juga harus mengutamakan kearifan lokal. Sehingga, olahraga tidak hanya mencapai prestasi, tapi juga dapat meningkatkan perekonomian dimanapun event itu dilaksanakan," imbuhnya.

Sumatera Selatan, lanjut Andri Yansyah, sudah berpengalaman dalam menyelenggarakan event olahraga internasional karena pernah menjadi tuan tempat penyelenggaraan Asian Games 2018 bersama Jakarta.

"Saya sangat mengapresiasi kesiapan Provinsi Sumatera Selatan di ajang Popnas Tahun 2023. InsyaAllah ini bisa menjadi contoh bagi provinsi lain di Indonesia. Event olahraga ini bukan hanya untuk meningkatkan prestasi, tapi juga memberi dampak baik terhadap perekonomian," tandasnya.

Untuk diketahui, acara pembukaan Popnas XVI berlangsung meriah. Para atlet dan ofisial yang hadir juga dihibur dengan pentas seni budaya hingga penampilan dari artis kenamaan, Lyodra.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1212 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye815 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati